komisioner 2014 Banner 2 Banner 1

KPU Gorut Undi Nomor Urut Pasangan Calon Pemilukada

KPU Gorut Undi Nomor Urut Pasangan Calon Pemilukada

KWANDANG—Setelah tiga hari lalu menetapkan pasangan calon yang memenuhi syarat sebagai peserta Pemilukada 2013, Komisi Pemilihan Umam Kabupaten Gorontalo Utara melaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon.

Berlangsung dalam rapat pleno terbuka, dihadiri pasangan calon, Panwaslukada, Muspida, KPU Provinsi Gorontalo, dan pendukung masing-masing pasangan calon yang berjumlah 25 orang.

Pleno yang dipimpin Ketua KPU Gorontalo Utara Sophian Rahmola, pengundiannya dilakukan dua tahap. untuk tahap pertama undian untuk mencari urutan antrian menuju pengundian nomor urut. Pada tahap pertama tersebut, menggunakan wadah toples transparan berisi pimpong warna orange yang didalamnya ada nomor urut, tiap pasangan calon secara bersamaan. Untuk tahap kedua, juga menggunakan wadah toples transparan berisi bola pimpong warna orange sebanyak tiga buah.

Tetapi sebelumnya tahap pengundian, KPU Gorut  meminta tim pemenangan pasangan calon untuk memeriksa bola pimpong yang dijadikan wadah untuk undian. “Semua tim pemenangan tidak keberatan, pimpong yang digunakan dianggap tidak ada cacat, dan tidak ada diberi kode apapun oleh KPU,” ujar Sophian usai penetapan kepada pers.

Kemudian, tahapan pengundian yang dipandu anggota KPU Rahmad Dj Kasim, ST dimulai dari para calon wakil bupati memilih bola pimpong yang dikocok dalam toples transparan. Tiga tangan masuk bersamaan, dan hasil pasangan Thariq Modanggu – Hardi Hemeto, mendapat giliran pertama untuk mengambil nomor undian. Selanjutnya, pasangan Idrus MT Mopili – Risjon Kujiman Sunge urutan kedua, dan pasangan Indra Yasin – Roni mendapat giliran terakhir.

Pada tahap udian nomor urut, calon bupati Thariq Modanggu mendapat giliran pertama, dan memperoleh nomor undian 2, kemudian calon bupati Idrus MT Mopili memperoleh nomor 1 dan kemudian calon bupati Indra Yasin memperoleh undian nomor 3.

“Semua berlangsung tertib, dan semua pasangan calon menerima, dan semua pendukungnya bersyukur dengan nomor pasangan calon masing-masing yang diperoleh dalam undian,” pungkas Sophian. (rh)

Berita Terkait : Berita Terkini