sampul web komisioner 2014 Banner 2

KPU Gorut melaksanakan Bimbingan Teknis Pungut Hitung Pemilu 2014 Tingkat PPK

KPU Gorut melaksanakan Bimbingan Teknis Pungut Hitung Pemilu 2014 Tingkat PPK

Kwandang -  Komisi Pemiihan Umum (Kpu) Kabupaten Gorontalo Utara  Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penghitungan dan Pemungutan Suara Serta Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD Dan DRPD tahun 2014 Menyangkut Tugas Dan Wewenang PPK Di Lapangan Sebagai Salah Satu penyelenggara pemilu dan sesuai dengan Tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD Dan DRPD tahun 2014.

Bimtek dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Gorontalo Utara, (22/03). Dengan jumlah peserta 55 orang terdiri 5 anggota PPK dari 11 kecamatan.  Dimana bimtek ini membahas tentang pendalaman materi tata cara penghitungan dan pemungutan suara di tingkat PPK.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Utara, Fadliyanto Koem, S.Ag, M.Pd membuka acara Bimtek ini dan mengharapkan kepada semua anggota PPK yang mengikuti bimtek agar serius dan memahami karena PPK juga akan melakukan bimtek terhadap PPS dan akan menjadi tempat bertanya oleh PPS dan KPPS.

“Diharapkan kepada semua penyelenggara baik itu PPK, PPS dan KPPS agar tetap independen dalam segala aktivitas apalagi mendekati hari pemungutan suara. Semua penyelenggara akan menjadi publik figur disetiap tingkatannya sehingga semua masyarakat akan selalu memperhatikan tingkah laku/pergaulan kita semua dalam hal penyelenggaraan pemilu.”. Ujar Fadli.

Fadli juga menjelaskan prinsip dasar kode etik penyelenggara pemilu menggunakan kewenangan berdasarkan hukum, Bersikap dan bertindak nonpartisan dan imparsial, Bertindak transparan dan akuntabel, Melayani pemilih menggunakan hak pilihnya, Tidak melibatkan diri dalam konflik kepentingan, Bertindak profesional dan Administrasi pemilu yang akurat.

Anggota KPU Divisi Data Informasi Sophian M. Rahmola, S.AP sebelum memberikan materi diawali dengan menayangkan video pemungutan dan penghitungan suara di TPS untuk memberikan gambaran secara langsung tentang situasi pada hari pemungutan suara pada tanggal 9 April 2014 nanti.

Muardi Unusa Divisi Teknis mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mengasah kembali dan mempertajam kemampuan PPK, khususnya ketika saat Penghitungan dan Pemungutan Suara nanti.

Pada bimbingan teknis tersebut divisi logistik Yowan Puluhulawa memberikan materi tentang Standar Alat Perlengkapan KPPS dan memberikan penjelasan penggunaan sampul dan logistik lainnya.

Bimtek tersebut diakhiri dengan diskusi kelompok yang dibagi dalam 4 kelompok untuk simulasi pengisian formulir di TPS, PPS dan PPK yang dipandu langsung oleh divisi sosialiasi pemilih dan SDM Moh. Gandhi A. Tapu, S.Fil.I.

(Humas : Royhan)

Berita Terkait : Berita Terkini