sampul web komisioner 2014 Banner 2

Baru Lima Parpol Laporkan Dana Kampanye

Baru Lima Parpol Laporkan Dana Kampanye

 

Kwandang - Hingga jelang batas waktu pelaporan dana kampanye Pemilu 2014, sudah lima partai di Kabupaten Gorontalo Utara yang telah menunaikan kewajibannya.

Plt Kasubag Hukum sekaligus ketua pokja help desk Risna Daud, SH mengatakan, hingga Kamis (26/12), baru lima partai dari 12 partai yang wajib melaporkan dana kampanye. Padahal, batas terakhir penyampaian laporan pada 27 Desember ini. “Baru lima yang melaporkan yaitu Golkar, PKB, PBB, Nasdem dan PKS, lainnya belum,” terangnya Kamis (26/12).

KPU Kabupaten Gorontalo Utara sudah mensosialisasikan wajib lapor dana kampanye tersebut ke Parpol serta telah mengirimkan surat. Bahkan pihaknya membuka layanan konsultasi ke Parpol yang kesulitan mengisi form laporan dana kampanye.

Ketua Pokja help desk Risna Daud, SH menghimbau kepada partai politik peserta Pemilu 2014 agar segera mungkin memasukan laporan dana kampanye pada tahap I ini. Kesempatan terakhir untuk memasukan laporan dana kampanye tersebut yakni sampai hari ini (27/12) dan pokja akan menunggu sampai dengan pukul 16.30 Wita, ujarnya.

Menurutnya, kewajiban melaporkan dana kampanye itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 17 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaporan Dana  Kampanye Peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) 2014. Pihaknya telah membuka masa pelaporan tahap awal ini sejak sebulan lalu sampai tanggal 27 Desember sebagai batas akhir penyerahan dana awal dari para caleg yang disatukan oleh parpol masing-masing. "Tahap pertama penyerahan laporan dana kampanye berakhir pada 27 Desember 2013."

"KPU sudah melakukan sosialisasi kepada parpol terkait aturan dana kampanye bahkan kami juga menyediakan help desk bagi parpol yang ingin konsultasi terkait teknik penyusunannya," kata Risna.

Dijelaskannya, dalam Peraturan KPU tersebut juga diatur tentang sanksi bagi Parpol maupun caleg yang tak mematuhi. Parpol bisa dibatalkan sebagai peserta pemilu dan caleg bisa didiskualifikasi meski sudah terpilih.

Risna juga menyampaikan, “Sementara itu, Partai Golkar tercatat menjadi parpol pertama yang menyetorkan dana kampanye ke KPU Gorut sejak tanggal 24 Desember lalu, disusul oleh PKB, PBB, Nasdem dan PKS”.

 

Berita Terkait : Berita Terkini